Image of Clustering Data Penjualan pada Toko Perlengkapan Outdoor Menggunakan Metode K-Means

Artikel Jurnal

Clustering Data Penjualan pada Toko Perlengkapan Outdoor Menggunakan Metode K-Means



Menjaga stok persediaan barang agar tidak ada barang yang kosong termasuk salah satu cara untuk menjaga kepuasan pelanggan. Untuk memenuhi hal tersebut penjual harus dapat menganalisa mana data barang yang laku dan mana yang kurang laku dari data laporan penjualan barang, hal ini tidaklah mudah apabila toko tersebut merupakan toko retail yang memiliki ratusan bahkan ribuan data penjualan setiap bulannya. Permasalahan tersebut bisa di selesaikan dengan menggunakan salah satu teknik dalam data mining yaitu algotihma K-Means Clustering. Penelitian ini di maksudkan untuk membantu Genta Corp yang merupakan toko retail di kota Bogor yang menjual peralatan outdoor, untuk membuat pengelompokan data penjualannya agar dapat memaksimalkan manajemen stoknya. Variable yang digunakan adalah kode barang, data barang masuk, data barang keluar dan stok barang. Data diolah dengan perhitungan manual menggunakan algorithma K-Means dan menggunakan Software Rapid Miner sehingga didapatkan hasil akhir berupa tiga cluster dimana terdapat 2 jenis barang paling laris, 8 jenis barang yang cukup laris dan 18 jenis barang yang kurang laris. Hasil ini bisa dimanfaatkan oleh manajemen Genta Corp untuk peningkatan manajemen stok dan strategi penjualannya.


Ketersediaan

JUITA2-006JUITA V7N2 November 2019Perpustakaan FT UPI YAITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
JUITA : Jurnal Informatika
No. Panggil
JUITA V7N2 November 2019
Penerbit Universitas Muhammadiyah Purwokerto : Purwokerto.,
Deskripsi Fisik
hlm : 109-114
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2086-9398
Klasifikasi
JUITA
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Volume 7 Nomor 2 November 2019
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this