Image of SISTEM MANAJEMEN PENGADAAN LABORATORIUM: ANALISIS KEBUTUHAN SISTEM DARI PERSPEKTIF STAKEHOLDER

Artikel Jurnal

SISTEM MANAJEMEN PENGADAAN LABORATORIUM: ANALISIS KEBUTUHAN SISTEM DARI PERSPEKTIF STAKEHOLDER



Dalam fase merancang sistem informasi, terutama pada sistem informasi manajemen, menambahkan perspektif pelanggan merupakan hal yang mendasar. Dari sektor edukasi terutama universitas, laboratorium bertindak sebagai bagian utama dari aktivitas universitas. Aktivitas laboratorium seperti praktikum dan kegiatan administratif lainnya seringkali membutuhkan banyak waktu untuk mempersiapkannya terutama dalam proses pengadaan, tetapi dalam kenyataan proses pengadaan dari laboratorium membutuhkan usaha dan waktu lebih serta pihak laboratorium pun tidak dapat melacak kondisi dari proses pengadaan bagian logistik fakultas. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan dan memprioritaskan voice of customer dalam merancang sistem manajemen pengadaan menggunakan dimensi kualitas informasi. Metode Waterfall digunakan dalam fase pengembangan dan focus group discussion dilaksanakan untuk melakukan pengurutan voice of customer. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Rekayasa Industri Universitas Telkom. Hasil dari focus group discussion menyarankan agar “Service performance is reliable”, “Information is realtime” dan “The Information System help organizational business process” sebagai tiga hal teratas yang harus diprioritaskan dalam merancang sistem manajemen pengadaan laboratorium. Penelitian lebih lanjut yang dapat dilakukan adalah merancang sistem pengadaan laboratorium berdasarkan hasil dari penelitian ini.


Ketersediaan

J@TI1-005J@TI V15N1 Januari 2020Perpustakaan FT UPI YAITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
J@TI : Jurnal Teknik Industri
No. Panggil
J@TI V15N1 Januari 2020
Penerbit Universitas Diponegoro : Semarang.,
Deskripsi Fisik
hlm : 38-45
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
1907-1434
Klasifikasi
J@TI
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Volume 15 Nomor 1 Januari 2020
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this