Image of ANALISIS KUALITAS LAYANAN ADMINISTRASI BAGI MASYARAKAT (STUDI KASUS: KANTOR KECAMATAN DI BANDUNG UTARA)

Artikel Jurnal

ANALISIS KUALITAS LAYANAN ADMINISTRASI BAGI MASYARAKAT (STUDI KASUS: KANTOR KECAMATAN DI BANDUNG UTARA)



Kecamatan merupakan satuan dinas pemerintah yang berada langsung di bawah kabupaten memiliki fungsi sebagai pelaksana program pembangunan dan melayani masyarakat dalam urusan administrasi dan kependudukan. Untuk dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat, kantor kecamatan perlu mengetahui sejauh mana kualitas pelayanan yang telah dilakukan selama ini, sehingga dapat mengupayakan peningkatan yang sesuai dengan tuntutan dan penilaian masyarakat. Penelitian ini mencoba untuk mengukur pencapaian keprimaan layanan administrasi dan menetapkan prioritas perbaikan kinerja berdasarkan penilaian pengguna jasa layanan. Variabel penelitian disusun berdasarkan Lima Dimensi Kualitas Pelayanan (SERVQUAL), yaitu tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan diolah dengan menggunakan Regresi Linier Berganda, Importance Performance Analysis (IPA), dan Uji Hipotesis Rata-rata. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa bahwa pencapaian keprimaan layanan administrasi pada saat ini telah baik namun dengan tingginya tuntutan pengguna jasa terhadap kualitas pelayanan, maka perbaikan kinerja secara keseluruhan tetap harus dilakukan, khususnya terhadap dimensi assurance yang mempengaruhi penilaian terhadap keprimaan layanan administrasi.


Ketersediaan

J@TI5a-002J@TI V16N2 Mei 2021Perpustakaan FT UPI YAITersedia
J@TI5b-002J@TI V16N2 Mei 2021Perpustakaan FT UPI YAITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
J@TI : Jurnal Teknik Industri
No. Panggil
J@TI V16N2 Mei 2021
Penerbit Universitas Diponegoro : Semarang.,
Deskripsi Fisik
hlm : 93-101
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
1907-1434
Klasifikasi
J@TI
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Volume 16 Nomor 2 Mei 2021
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this