Detail Cantuman
Advanced SearchArtikel Jurnal
Game Edukasi Pembelajaran IPA Berbasis Visual Novel Studi Kasus: SDN Cibalongsari IV Karawang
Abstract
Saat ini media yang digunakan dalam pembelajaran ekosistem makhluk hidup kelas 5 pada SDN Cibalongsari IV Karawang hanya berupa buku, papan tulis dan beberapa alat peraga sehingga siswa menjadi kurang tertarik serta cepat merasa bosan, Game edukasi visual novel merupakan alternatif lain dalam meningkatkan minat dan ketertaikan siswa terhadap materi tersebut. Metodelogi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Mulitimedia Development Life Cycle. Game ini memuat materi ekosistem makhluk hidup dengan 3 sub bagian yaitu pengertian, jenis golongan hewan, dan jenis ekosistem. Uji coba game edukasi ini menggunakan uji-t berpasangan dan UAT, yang menghasilkan persentase tingkat signifikan t hitung = > nilai t tabel sehingga Ho berada didaerah penolakan dan H1 diterima, serta dalam uji rata-rata menggunakan persentase nilai pre test dan post test menggunakan game edukasi sebagai media pembelajaran mengalami peningkatan dari menjadi sebesar dengan selisih dan dalam pengujian menggunakan UAT berdasarkan penilaian siswa mendapat hasil positif dalam setiap pertanyaan yang menyatakan game ini memiliki fitur yang cukup untuk menarik siswa paham akan materi dan juga game edukasi ini dapat diterima sebagai media alternatif pada proses pembelajaran.
Ketersediaan
JOINS2-003 | JOINS V5N2 November 2020 | Perpustakaan FT UPI YAI | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
JOINS : Journal of Information System
|
---|---|
No. Panggil |
JOINS V5N2 November 2020
|
Penerbit | Universitas Dian Nuswantoro : Semarang., 2020 |
Deskripsi Fisik |
hlm : 176-191
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
2528-0228
|
Klasifikasi |
JOINS
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
Volume 5 Nomor 2 November 2020
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain