Detail Cantuman
Advanced SearchArtikel Jurnal
Kerangka Inovasi Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Problem-Solving dan Pengetahuan Mahasiswa
Abstract
Desain pembelajaran dirancang untuk mencapai tujuan pembelajaran. Desain pembelajaran meliputi pedekatan dan perlengkapan yang digunakan dalam proses pembelajaran. Salah satu perlengkapan pembelajaran adalah multimedia. Multimedia adalah salah satu sarana pendukung pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa. Namun demikian, masih banyak perguruan tinggi yang belum memanfaatkan multimedia dalam proses belajar mengajar. Sebagian besar perguruan tinggi masih menggunakan pendekatan tradisional/direct instruction, dimana lingkungan belajar dalam suasana yang pasif. Selain itu, pendekatan ini menyebabkan prestasi, minat, dan perilaku serta kemampuan siswa dalam memecahkan masalah menjadi rendah. Oleh karena itu, tulisan ini menawarkan sebuah pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan antara multimedia dengan pendekatan pembelajaran Direct Instruction dan Problem-Based Learning (mDPBL). Pendekatan ini diharapkan mampu menjadi alternative pembelajaran dalam menangani permasalahan diatas.
Kerangka pembelajaran ini dibuat untuk mengukur pengetahuan dan kemapuan memecahkan masalah dalam proses pembelajaran. Kerangka ini terdiri dari empat aktifitas utama yaitu pengenalan dan identifikasi masalah, mendefinisikan masalah dan solusi, evaluasi dan kesimpulan dan luaran pembelajaran.
Ketersediaan
JOINS4a-009 | JOINS V6N2 November 2021 | Perpustakaan FT UPI YAI | Tersedia |
JOINS4b-009 | JOINS V6N2 November 2021 | Perpustakaan FT UPI YAI | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
JOINS : Journal of Information System
|
---|---|
No. Panggil |
JOINS V6N2 November 2021
|
Penerbit | Universitas Dian Nuswantoro : Semarang., 2021 |
Deskripsi Fisik |
hlm :227-233
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
2528-0228
|
Klasifikasi |
JOINS
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
Volume 6 Nomor 2 November 2021
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain