Image of Kerangka Inovasi Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Problem-Solving dan Pengetahuan Mahasiswa

Artikel Jurnal

Kerangka Inovasi Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Problem-Solving dan Pengetahuan Mahasiswa



Abstract

Desain pembelajaran dirancang untuk mencapai tujuan pembelajaran. Desain pembelajaran meliputi pedekatan dan perlengkapan yang digunakan dalam proses pembelajaran. Salah satu perlengkapan pembelajaran adalah multimedia. Multimedia adalah salah satu sarana pendukung pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa. Namun demikian, masih banyak perguruan tinggi yang belum memanfaatkan multimedia dalam proses belajar mengajar. Sebagian besar perguruan tinggi masih menggunakan pendekatan tradisional/direct instruction, dimana lingkungan belajar dalam suasana yang pasif. Selain itu, pendekatan ini menyebabkan prestasi, minat, dan perilaku serta kemampuan siswa dalam memecahkan masalah menjadi rendah. Oleh karena itu, tulisan ini menawarkan sebuah pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan antara multimedia dengan pendekatan pembelajaran Direct Instruction dan Problem-Based Learning (mDPBL). Pendekatan ini diharapkan mampu menjadi alternative pembelajaran dalam menangani permasalahan diatas.

Kerangka pembelajaran ini dibuat untuk mengukur pengetahuan dan kemapuan memecahkan masalah dalam proses pembelajaran. Kerangka ini terdiri dari empat aktifitas utama yaitu pengenalan dan identifikasi masalah, mendefinisikan masalah dan solusi, evaluasi dan kesimpulan dan luaran pembelajaran.


Ketersediaan

JOINS4a-009JOINS V6N2 November 2021Perpustakaan FT UPI YAITersedia
JOINS4b-009JOINS V6N2 November 2021Perpustakaan FT UPI YAITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
JOINS : Journal of Information System
No. Panggil
JOINS V6N2 November 2021
Penerbit Universitas Dian Nuswantoro : Semarang.,
Deskripsi Fisik
hlm :227-233
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2528-0228
Klasifikasi
JOINS
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Volume 6 Nomor 2 November 2021
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this