Image of Kajian Temperatur Rata-rata Tertimbang (WMAPT) pada Desain Perkerasan Lentur Studi Kasus Ruas Cikampek-Pamanukan Sta 20+100

Artikel Jurnal

Kajian Temperatur Rata-rata Tertimbang (WMAPT) pada Desain Perkerasan Lentur Studi Kasus Ruas Cikampek-Pamanukan Sta 20+100



Abstrak

Desain tebal perkerasan lentur dipengaruhi oleh temperatur lokasi "“ hal ini tampak jelas pada metode desain mekanistik empiris ketika menentukan modulus dinamis campuran beraspal. Manual Desain Perkerasan Jalan (MDP) menetapkan temperatur wakil atau WMAPT sebesar 41oC sedangkan Pedoman Perencanaan Tebal Lapis Tambah menetapkan temperatur standar 35oC. Studi ini menganalisis temperatur wakil atau WMAPT dengan pendekatan mekanistik empiris. Data jenis sumbu, beban sumbu dan temperatur tiap jam diperoleh pada Ruas Cikampek-Pamanukan Sta 20+100. Hasil analisis memperlihatkan WMAPT tidak dipengaruhi oleh tebal struktur perkerasan, modulus resilien lapis tanah dasar, sehingga berlaku untuk semua tebal struktur dan daya dukung tanah dasar, namun diperngaruhi oleh komposisi beban lalu lintas. Di lokasi studi, diperoleh WMAPT rata-rata sebesar 34.71oC dan deviasi standar 0.5oC. Menetapkan WMAPT yang lebih tinggi dari yang sesungguhnya (seperti yang direkomendasikan oleh Manual Desain Perkerasan Jalan, yaitu 41oC) berpotensi memperpendek hasil analisis umur perkerasan. Hasil studi ini juga mendukung penggunaan temperatur standar pada Pedoman Perencanaan Tebal Lapis Tambah yaitu 35oC.


Ketersediaan

JTS2a-009JTS V27N2 Agustus 2020Perpustakaan FT UPI YAITersedia
JTS2b-009JTS V27N2 Agustus 2020Perpustakaan FT UPI YAITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
Jurnal Teknik Sipil : journal of Civil Engineering
No. Panggil
JTS V27N2 Agustus 2020
Penerbit ITB : Bandung.,
Deskripsi Fisik
hlm : 185-196
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
0853-2982
Klasifikasi
JTS
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Volume 27 Nomor 2 Agustus 2020
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this