Image of IMPLEMENTASI TEXT MINING UNTUK ADVERTISING DENGAN MENGGUNAKAN METODE K-MEANS CLUSTERING PADA DATA TWEETS GOJEK INDONESIA

Artikel Jurnal

IMPLEMENTASI TEXT MINING UNTUK ADVERTISING DENGAN MENGGUNAKAN METODE K-MEANS CLUSTERING PADA DATA TWEETS GOJEK INDONESIA



ABSTRAK

Dalam penentuan advertising, pelaku bisnis menggunakan media sosial untuk mengetahui respon dari para followers-nya. Gojek Indonesia merupakan salah satu pelaku bisnis di Indonesia yang menggunakan media sosial Twitter sebagai sarana untuk melakukan advertising. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui jenis konten tweets yang banyak dilakukan retweet dan favorite oleh followers Gojek Indonesia sehingga dapat digunakan untuk melakukan advertising kepada pengguna Twitter. Pengumpulan data tweets dari Twitter dilakukan dengan mengintegrasikan Twitter API dan bahasa pemograman R menggunakan tools R Studio. Metode analisis data menggunakan text mining dan untuk klasterisasi menggunakan K-means. Hasil dari penelitian ini didapatkan sejumlah 2 klaster tweets. Berdasarkan perhitungan jumlah rata-rata retweet pada tiap klaster, didapatkan bahwa jenis konten dengan retweet terbanyak yaitu terkait program kuis dan perkenalan produk Gojek Indonesia. Pelaku bisnis Gojek Indonesia dapat menggunakan fitur retweet dan favorite sebagai sarana untuk melakukan advertising kepada pengguna Twitter.


Ketersediaan

SISTEMASI2-016SISTEMASI V9N3 September 2020Perpustakaan FT UPI YAITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
SISTEMASI : Jurnal Sistem Informasi
No. Panggil
SISTEMASI V9N3 September 2020
Penerbit Universitas Islam Indragiri : Riau.,
Deskripsi Fisik
hlm : 586-596
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2302-8149
Klasifikasi
SISTEMASI
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Volume 9 Nomor 3 September 2020
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this