Detail Cantuman
Advanced SearchArtikel Jurnal
IMPLEMENTASI TEXT MINING UNTUK ADVERTISING DENGAN MENGGUNAKAN METODE K-MEANS CLUSTERING PADA DATA TWEETS GOJEK INDONESIA
ABSTRAK
Dalam penentuan advertising, pelaku bisnis menggunakan media sosial untuk mengetahui respon dari para followers-nya. Gojek Indonesia merupakan salah satu pelaku bisnis di Indonesia yang menggunakan media sosial Twitter sebagai sarana untuk melakukan advertising. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui jenis konten tweets yang banyak dilakukan retweet dan favorite oleh followers Gojek Indonesia sehingga dapat digunakan untuk melakukan advertising kepada pengguna Twitter. Pengumpulan data tweets dari Twitter dilakukan dengan mengintegrasikan Twitter API dan bahasa pemograman R menggunakan tools R Studio. Metode analisis data menggunakan text mining dan untuk klasterisasi menggunakan K-means. Hasil dari penelitian ini didapatkan sejumlah 2 klaster tweets. Berdasarkan perhitungan jumlah rata-rata retweet pada tiap klaster, didapatkan bahwa jenis konten dengan retweet terbanyak yaitu terkait program kuis dan perkenalan produk Gojek Indonesia. Pelaku bisnis Gojek Indonesia dapat menggunakan fitur retweet dan favorite sebagai sarana untuk melakukan advertising kepada pengguna Twitter.
Ketersediaan
SISTEMASI2-016 | SISTEMASI V9N3 September 2020 | Perpustakaan FT UPI YAI | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
SISTEMASI : Jurnal Sistem Informasi
|
---|---|
No. Panggil |
SISTEMASI V9N3 September 2020
|
Penerbit | Universitas Islam Indragiri : Riau., 2020 |
Deskripsi Fisik |
hlm : 586-596
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
2302-8149
|
Klasifikasi |
SISTEMASI
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
Volume 9 Nomor 3 September 2020
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain