Image of Penerapan Algoritma C4.5 pada Pengaruh Iklan Tanpa Label Harga di Instagram

Artikel Jurnal

Penerapan Algoritma C4.5 pada Pengaruh Iklan Tanpa Label Harga di Instagram



Abstrak

Saat ini banyak strategi promosi yang beralih ke media online, salah satunya instagram. Hal ini dimanfaatkan oleh para perodusen untuk menjadikan instagram sebagai media promosi yang potensial. Ada satu jenis iklan yang menarik di instagram, yakni jenis iklan yang menampilkan keunggulan produknya namun tidak menampilkan label harga. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk meneliti apakah jenis iklan ini dapat mempengaruhi konsumen dalam melakukan pembelian produk yang diiklankan. Metode yang peneliti gunakan adalah data mining dengan algoritma C4.5 dimana data yang diperoleh adalah dengan menyebarkan kuesioner kepada 200 responden pengguna instagram aktif berdasarkan jenis kelamin. Kuesioner dirancang berdasarkan terori AISAS yang biasa digunakan untuk mengukur tingkat efektivitas iklan di media online dengan atribut penelitian yaitu jenis kelamin, Attention, Interest, Search dan Action. Hasil penelitian dengan algoritma C4.5 ini diketahui bahwa tingkat akurasi dari model yang dibentuk mencapai 88.5% dan nilai AUC sebesar 0.82 dimana nilai ini termasuk kedalam rentang Good Classification. Sedangkan atribut yang paling mempengaruhi adalah atribut Search yang memiliki nilai gain tertinggi diantara atribut lainnya.


Ketersediaan

SISTEMASI3-015SISTEMASI V10N1 Januari 2021Perpustakaan FT UPI YAITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
SISTEMASI : Jurnal Sistem Informasi
No. Panggil
SISTEMASI V10N1 Januari 2021
Penerbit Universitas Islam Indragiri : Riau.,
Deskripsi Fisik
hlm : 172-181
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2302-8149
Klasifikasi
SISTEMASI
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Volume 10 Nomor 1 Januari 2021
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this