Detail Cantuman
Advanced SearchArtikel Jurnal
Penerapan K-Means Clustering dari Log Data Moodle untuk Menentukan Perilaku Peserta pada Pembelajaran Daring
Abstrak
Pembelajaran berbasis daring atau e-learning mulai semakin banyak digunakan oleh para pengampu pelajaran melalui Learning Management System (LMS). Moodle sebagai LMS popular mulai banyak digunakan karena fiturnya yang lengkap. Selain itu moodle juga mampu merekam aktivitas pembelajaran para peserta melalui ketersediaan log data. Berbagai log data yang tersimpan dalam Moodle belum banyak dimanfaatkan oleh pengelola pendidikan ataupun para pengajar untuk mengevaluasi proses pendidikan dan pelatihan. Penelitian ini membahas mengenai analisis perilaku peserta pelatihan kursus Visualisasi Data dengan Tableau pada LMS moodle di situs Warung Kompetensi Pegawai Badan Pusat Statistik (Warkop BPS). Metode analisis yang digunakan ialah k-means clustering. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku peserta pelatihan dari kursus ini dapat dibagi menjadi 3 kelompok atau cluster berdasarkan aktivitas peserta pelatihan. Penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa k-means clustering mampu memberikan informasi pengelompokan perilaku peserta kursus dari log data LMS sehingga kedepannya mampu melihat intervensi apa untuk meningkatkan semangat belajar para peserta pelatihan.
Ketersediaan
SISTEMASI4-014 | SISTEMASI V10N2 Mei 2021 | Perpustakaan FT UPI YAI | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
SISTEMASI : Jurnal Sistem Informasi
|
---|---|
No. Panggil |
SISTEMASI V10N2 Mei 2021
|
Penerbit | Universitas Islam Indragiri : Riau., 2021 |
Deskripsi Fisik |
hlm : 414-422
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
2302-8149
|
Klasifikasi |
SISTEMASI
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
Volume 10 Nomor 2 Mei 2021
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain