Image of Penerapan K-Means Clustering dari Log Data Moodle untuk Menentukan Perilaku Peserta pada Pembelajaran Daring

Artikel Jurnal

Penerapan K-Means Clustering dari Log Data Moodle untuk Menentukan Perilaku Peserta pada Pembelajaran Daring



Abstrak

Pembelajaran berbasis daring atau e-learning mulai semakin banyak digunakan oleh para pengampu pelajaran melalui Learning Management System (LMS). Moodle sebagai LMS popular mulai banyak digunakan karena fiturnya yang lengkap. Selain itu moodle juga mampu merekam aktivitas pembelajaran para peserta melalui ketersediaan log data. Berbagai log data yang tersimpan dalam Moodle belum banyak dimanfaatkan oleh pengelola pendidikan ataupun para pengajar untuk mengevaluasi proses pendidikan dan pelatihan. Penelitian ini membahas mengenai analisis perilaku peserta pelatihan kursus Visualisasi Data dengan Tableau pada LMS moodle di situs Warung Kompetensi Pegawai Badan Pusat Statistik (Warkop BPS). Metode analisis yang digunakan ialah k-means clustering. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku peserta pelatihan dari kursus ini dapat dibagi menjadi 3 kelompok atau cluster berdasarkan aktivitas peserta pelatihan. Penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa k-means clustering mampu memberikan informasi pengelompokan perilaku peserta kursus dari log data LMS sehingga kedepannya mampu melihat intervensi apa untuk meningkatkan semangat belajar para peserta pelatihan.


Ketersediaan

SISTEMASI4-014SISTEMASI V10N2 Mei 2021Perpustakaan FT UPI YAITersedia

Informasi Detil

Judul Seri
SISTEMASI : Jurnal Sistem Informasi
No. Panggil
SISTEMASI V10N2 Mei 2021
Penerbit Universitas Islam Indragiri : Riau.,
Deskripsi Fisik
hlm : 414-422
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2302-8149
Klasifikasi
SISTEMASI
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Volume 10 Nomor 2 Mei 2021
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this